KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN BAHASA ANAK SEKOLAH DASAR
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan YME karena berkat
rahmatnya kami dapat menyelesaikan tugas makalah tentang “Karakteristik
Perkembanga Bahasa Anak Sekolah SD” ini dengan baik. Dalam makalan ini kami
menjelaskan tenatang Perkembang belajar
pesrrta didik dalam bidang Karakteristik bahasanya. Dan apabila ada
kekurangan dalam makalah ini kami mohon maaf . Terima Kasih.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ................................................................................................ 1
DARTAR ISI .............................................................................................................. 2
BAB I PENDAHULUAN .......................................................................................... 3
A.LATAR BELAKANG ....................................................................................... 3
B.RUMUSAN MASALAH ................................................................................... 3......
BAB II
PEMBAHASAN ........................................................................................... 4
A.Konsep bahasa
pada anak usia SD ...................................................................... 4
1.Konsep Bahasa .............................................................................................. 4
2. Klasifikasi dan Fungsi Basaha pada
Anak Usia SD..................................... 5
a.
klasifikasi Bahasa Anak Usia SD................................................................. 5
b.
Fungsi bahasa anak usia SD ..................................................................... 6
3.Prinsip-prinsip
Perkembangan Bahasa pada Anak Usia SD ......................... 6
4.Bahasa
dan perkembangan kognitif .............................................................. 7
B.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa Anak usia SD .......... 7
C. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia SD ...................................................... 8
D.
Model stimulasi perkembangan Bahasa Peserta didik SD ................................. 9
BAB III PEMBAHASAN ........................................................................................ 10
Kesimpulan ........................................................................................................... 10
Daftar Pustaka ...................................................................................................... 11
BAB I PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Untuk bergaul dan berkomunikasi, manusia menggunakan bahasa,
baik dalam bentuk tulisan, percakapan, bahasa isyarat maupun ekspresi wajah.
Untuk berkomunikasi secara efektif perlu memperhatikan nilai-nilai yang ada di
masyarakat. Nilai-nilai tersebut harus diberikan sedini mungkin agar tertanam
hal-hal mana yang baik dan buruk, yang boleh atau tidak boleh dilakukan,
bagaimana bersilap dan bertutur kata yang baik terhadap orang lain.
Pembelajaran nilai-nilai tersebut harus dengan contoh yang konkret agar mudah
difahami anak.
B.RUMUSAN MASALAH
Bagian-bagian yang terkait dengan berbagai permasalahan yang
terjadi dalam hal bahasa, khususnya kemampuan murid dalam berbicara (bahasa
lisan). keterkaitan antara penggunaan ragam
dan fungsi bahasa, isi pesan komunikasi dan pemahaman guru terhadap isi/pesan
yang disampaikan anak-anak dwibahasawan sekolah dasar. Bagian-bagian tersebut
secara formal terjadi dalam konteks komunikasi di kelas melalui proses
belajar-mengajar. dan hal inilah yang kita diskusikan yaitu mengenai “
Karakteristi Perkembangan bahasa Anak siswa SD”
BAB II PEMBAHASAN
Salah satu tugas besar yang dihadapi
anak adalah menguasai bahasa. Bagi anak usia SD , penguasaan bahasa bukan hanya
ucapan yang tepat , juga penguasaan cara menggabungkan kata menjadi satu
kalimat terstuktur dan efektif. Bagi mereka , bahasa berfungsi sebagai alat
komunikasi , mengungkapakan perasaan . Dengan bahasa, anak dapat bersosialisasi
, bergaul, saling berukar pikiran , dan bahkan saling menyayangi serta
menghormati.
Sama halnya dengan perkmbangan asek
psiko fisik lainya , perkembnagn bahasa mengikuti tahapan tertentu .
Yang menarik dari proses perkembangan
bahsa adalah bahwa kemamapuan berbahasa sebelumnya senantiasa menjadi fondasi
utuk perkembangan bahasa berikutnya. Berkenen dengan perkembangan bahasa
sepeerti itu , pembahasan perkembanhgan bahasa pada anak usia SD menjadi
menarik untuk ditelusuri, terutama bagaimana keakteristik perkembanganya?
Bagaimana mereka belajar menggagabungkan kata-kata menjadi frasa atau kalimat ?
untuk itu pada BAB V ini akan dibahas konsep bahasa , perkembangan , dan
faktor-farktor yang mempengaruhi serta model stimulasi perkembangannya.
A.Konsep bahasa
pada anak usia SD
1.Konsep Bahasa
Bahasa
merupakan alat komunikasi antar manusia berupa lambang bunyi suara yang
dihasilkan oleh alat ucap manusia atau yang terwujud dalam sistem yang dipahami
orang untuk melahirkan pikiran dan perasaan sehingga orang lain yang menerima
akan mengerti,baik penyampaiannya lewat tulisan,bicara,isyarat,mimik
muka,pantomim,serta menggunakan gerakan-gerakan yang berarti(Gorys Gerav,1980).
Jika
ditelusuri dari cirinya bahasa dapat didefinisikan dengan 2 cara yang pertama
bahasa bercirikan sebagai serangkaian guna.dalam hal ini bunyi dipergunakan
sebagai alat untuk berkomunikasi,meskipun sebenarnya juga dapat mempergunakan
alat lain akan tetapi pada umumnya manusia menggunakan bunyi sebagai alat
komunikasi yang paling utama.Komunikasi dengan mempergunakan bunyi ini
dikatakan juga sebagai komunikasi verbal,dan manusia yang bermasyarakat dengan
alat komunikasi bunyi,disebut juga sebagai masyarakat verbal.
Yang kedua,bahasa
merupakan lambang dimana rangkaian bunyi membentuk suatu arti,yang dikenal
sebagai kata yang melambangkan suatu objek tertentu.Dengan bahasa manusia dapat
berfikir secara teratur dan dapat mengkomunikasikan apa yang sedang di pikirkannya kepada orang lain.
2.
Klasifikasi dan Fungsi Basaha pada Anak Usia SD
a.
klasifikasi Bahasa Anak Usia SD
Bahasa memiliki
cangkupan yang luas , karena itu sebagaimana di kemukakan lerner (1998) bahasa
merupakan suatu sistem komunikasi yang terintegrasi,mencangkup bahasa
ujaran,membaca,dan menulis.ketika pertama kali anak mengenal keadaan sekitarnya
tentang kejadian kehidupannya maupun tentang tanda-tanda,benda-benda yang dapat
mendukung terjadinya peristiwa,maka saat itu pemahaman akan kesadaran anak tentang
apa yang di kenalnya belum tumbuh.secara umum klasifikasi bahasa pada anak usia
SD dapat di bedakan menjadi bahsa lisan,bahasa tulis dan bahasa isyarat.
1.
Bahasa
Lisan
Bahasa lisan menunjukkan hubungan
rohani langsung,karena setiap orang yang bicara langsung langsung berhadapan
satu sama lain.misalnya: jika bayi merasa lapar,kedinginan,sakit dan
lain-lain.sebelum anak mengucapkan kata-kata,tangisan adalah alat untuk
mengkomuniksikan keinginannya pada orang-orang yang ada di sekitarnya.
2.
Bahasa
Tulis
Bahasa tulis menunjukkan hubungan
rohani yang tidak langsung,karena mempergunakan sarana yaitu huruf-huruf.proses
terjadinya hubungan dalam bahasa tulisan adalah sebagai berikut:pikiran penulis
kalimat dan kata.
Media
yang dapat membuat manusia mengungkapkan rahasia kondisi masa lalu adalah
tulisan.
3.
Bahasa
Isyarat
Komunikasi melalui isyarat sering
digunakan individu dalm kehidupan sehari-hari.Dalam bentuk umum isyarat di
gunakan jika hal tersebut dapat di terima dan di pahami oleh siapa saja.Misalnya
: lampu trafik yang di pasang pada persimpangan jalan dengan maksud untuk
melancarkan arus lalu lintas dan mencegah terjadinya kecelakaan.
Pada
anak yang yang menyandang ketunarunguan yaitu anak yang di dalam
perkembangannya mempunyai gangguan dalam aspek pendengaran dan
bicaranya,isyarat merupakan sebuah alternative yang baik untuk mengatasi
kesulitannya dalam berkomunikasi.
b.
Fungsi bahasa anak usia SD
untuk
menunjukkan hakikatnya purposif dari komunikasi,halliday mempergunakan istilah fungsi
bahasa
a. Fungsi
instrumental :
bertindak
untuk menggerakkan serta memanifulasi lingkungan
b. Fungsi
representasional
Adalah
penggunaan bahasa untuk membuat pernyataan-pernyataan ,menyampaikan fakta-fakta
dan pengetahuan.
c. Fungsi
regulasi
Mengatur
dari bahasa merupakan pengawasan terhadap peristiwa peristiwa.
d. Fungsi
interaksional
Bahasa
bertindak untuk menjamin phatic
communicatin yang mengacu pada kontak komunikatif antara sesame manusia.
e. Fungsi
personal
Membolehkan
seorang pembicara menyatakan perasaan, emosi, kepribadiaan, reaksi-reaksi yang
terkandung dalam hati nuraninya.
f. Fungsi
heuristik
Melibatkan
bahasa yang dipergunakan untuk memperoleh pengetahuan, dan mempelajari
lingkungan.
g. Fungsi
imajinatif
Bertindak
untuk menciptakan system-sistem atau gagasan-gagasan imajiner. Mengisahkan
cerita-cerita dongeng, membuat lelucon-lelucon, atau menulis novel.
3.Prinsip-prinsip
Perkembangan Bahasa pada Anak Usia SD
Perkembangan
bahasa di pengaruhi oleh lingkungan,karena bahasa pada dasarnya merupakan hasil
belajar dari lingkungan .Meniru dan mengulang hasil yang telah di dapatkan
merupakan cara belajar bahasa awal.
Anak usia SD memiliki bahasa yang telah berkembang
.ia telah banyak belajar dari orang dan terkondisikan oleh lingkungan.
Masyarakat
terdidik yang pada umumnya memiliki status sosial lebih baik,cenderung
menggunakan istilah-istilah lebih selektif dan lebih baik,ini terjadi karena
pada prinsipnya bahasa di peroleh dari perkembangan pada lingkungan tempat anak
tinggal.
4.Bahasa
dan perkembangan kognitif
Semua kejadian
yang di alami manusia serlalu terkait dengan bahasa. Bahasa di gunakan sebagai
media komunikasi
Perkembangan
bahasa terkait dengan perkembangan kognitif.Artinya semakin tinggi kemampuan
kognitif anak,perolehan bahasa pada anak cenderung semakin mudah dan banyak.
B.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa Anak usia SD
1. Umur
Anak
Dengan bertambahnya umur anak akan
semakin matang,bertambah pengalaman,dan meningkatkan kebutuhan.
2. Kondisi
Lingkungan
Lingkungan tempat anak tumbuh dan
berkembang memberikan andil yang cukup besar dalam bahasanya. Perkembangan
bahasa di daerah pantai, pegunungan, dan daerah-daerah terpencil menunjukkan
perbedaan.
3. Kecerdasan
Anak
Untuk meniru lingkungan tentang
bunyi atau suara, gerakan, dan mengenai tanda-tanda, memerlukan kemampuan
motorik yang baik. Kemampuan motorik seseorang berkorelasi positif dengan
kemampuan intelektual atau tingkat berpikir.
4. Status
Sosial Ekonomi Keluarga
Keluarga yang berstatus sosial,
ekonomi baik, akan mampu menyediakan situasi yang baik bagi perkembangan bahasa
anak-anak. Pendidikan keluarga berpengaruh pula terhadap perkembangan bahasa.
5. Kondisi
Fisik
Kondisi fisik yang di maksud adalah
kondisi kesehatan anak, orang yang cacat akan terganggu kemampuannya untuk
berkomunikasi.
6. Perbedaan
individual perkembangan bahasa pada anak
usia SD
Ketika dilahirkan ke dunia anak
telah memiliki kapasitas berbahasa, akan tetapi seperti dalam bidang yang
lain,faktor-faktor lingkungan akan mengambil peranan yang cukup menonjol.
Mereka
belajar makna kata dan bahasa sesuai dengan apa yang mereka dengar ,lihat dan
mereka hayati dalam hidupnya sehari hari.anak dengan IQ tinggi akan
berkemampuan bahasa yang tinggi
C.
Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia SD
Perkembangan bahasa adalah untuk memahami
karakteristik pemkembangan bahasa pada anak, bahasa merupakan suatu sistem
komunikasi yang digunakan oleh manusia.
1. Perkembangan
fonologi
Pada umur 3-4 bulan anak mulai
memproduksi bunyi mula-mula ia memproduksi tangisan. Pada usia 5-6 bulan ia
mulai mengoceh,ocehannya itu kadang-kadang mirip bunyi ujaran. Anak masuk pada
periode mengoceh ia membuat bunyi-bunyi yang makin bertambah variasinya dan
makin komsplek kombinasinya
Pada
tahap-tahap permulaan dalam perolehan bahasa,biasanya anak-anak memproduksi
perkataan orang dewasa yang di sederhanakan dengan cara sebagai berikut:
a. Menghilangkan
konsonan akhir (nyamuk-mu)
b. Mengurangi
kelompok konsonan menjadi segmen tunggal (kunci-ci)
c. Menghilangkan
silabe yang tidak diberi tekanan (semut-mut)
d. Duplikasi
silabe yang sederhana (nakal-kakal)
2. Perkembangan
semantik
Dalam proses perolehan bahasa,
anak-anak harus belajar mengerti arti dari kata-kata yang baru, dengan kata
lain mengembangkan suatu kamus arti kata. Dalam usahanya ini, mereka mulai
dengan dua asumsi mengenai fungsi dan isi dari suatu bahasa , yaitu sebagai
berikut:
a. Bahasa
dipergunakan untuk komunikasi.
b. Bahasa
mempunyai arti dalam suatu konteks tertentu.
3. Kemampuan
komunikasi anak usia SD
Hasil penelitian owens (1984:47)
menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi anak usia SD adalah sebagai berikut.
|
NO
|
USIA ANAK
|
|
|
1
|
6 tahun
|
a.
memiliki kosa kata yang dapat di komunikasikan
b.
Mampu menyerap20000-24000 kata
c.
Mampu membuat kalimat meskipun masih dalam
bentuk kalimat pendek
d.
Pada tarap
tertentu sudah mampu mengucapkan kalimat lengkap
|
|
2
|
8 tahun
|
a.
Mampu bercakap-cakap dengan menggunakan kosa kata
yang di milikinya
b.
Mampu mengemukakan ide dan pikirannya meskipun
masih sering verbalisme.
|
|
3
|
10 tahun
|
a.
Mampu berbicara dalam waktu yang relative lama
b.
Mampu memahami pembicaraan
|
|
4
|
12 tahun
|
a.
Mampu menyerap 50.000 kata.
b.
Mampu berbahasa seperti oaring dewasa.
|
D.
Model stimulasi perkembangan Bahasa Peserta didik SD
1. Teori-teori yang dapat di jadikan dasar
pengembangan model stimulasi bahasa
a. Model
behaviorist
Inti pandangan model ini adalah
orang tua mengajar anaknya berbicara dengan memberikan respon atau penguatan
terhadap tingkah lakunya.
b. Model
linguistik
Model linguistik memandang bahwa
ketika dilahirkan, anak sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk berbahasa, anak
mempunyai berbagai macam bahasa maka semua anak di dunia ini akan mengembangkan
tipe-tipe bahasa yang sama yang berarti ada suatu cirri universal dalam segala
macam bahasa.
c. Model
kognitif
Model ini adalah pandangan terbaru
mengenai perolehan bahasa pada anak-anak yakni pandangan yang disebut model
proses atau analisis strategi. Hubungan antara bahasa dan perkembangan kognitif
ditinjau dari perspektif psikolinguistik dewasa ini terjadi karena anak-anak
dapat belajar memang berkat adanya hal-hal yang innate.
2. model stimulasi pengembangan bahasa anak usia sd
a. Stimulasi
informal
Stimulasi model merupakan
pembelajaran bahasa dalam situasi nyaman kadang-kadang sambil bermain. Misalnya
ketika masih usia balita orang tua mengajak anak berbicara pada waktu anak di
mandikan.
b. Memfokuskan
diri pada maksud pembicara
Dalam menanggapi ucapan-ucapan atau
bahasa anak orang tua lebih memfokuskan perhatiannya pada apa yang diinginkan
anak daripada memperhatikan benar tidaknya ucapannya. Bila orang tua
membetulkan ucapan anak mereka lebih banyak membetulkan isi pembicaraan
daripada bentuk ucapan si anak.
c. Berbicara
kreativitas
Seorang anakbelajar bahasa selalu
menggunakan kemampuannya, mereka menciptakan kata-kata yang baru akan tetapi
pada saat yang sama mereka akan kembali ke aturan-aturan social yang sudah
baku.
d. Menghargai
keberhasilan
Kemajuan anak dalam belajar bahasa
sangat cepat,biasanya mereka telah menguasai bahsa pertamanya sebelum mereka
masuk taman kanak-kanak.orang tua berhasil mengajarkan bahasa pada anak apabila
mereka menggunakan bahasa itu dalam situasi kehidupan ya ng ideal tanpa suatu
kiat khusus untuk mengajar bahasa dan menerima ketidak sempurnaan dan
menghargai keberhasilan anak serta member kesempatan pada anak untuk berkreasi dengan
kata-kata.
BAB
III PEMBAHASAN
Kesimpulan
Bahasa merupakan
alat komunikasi antar manusia baik secara lisan, tulisan, isyarat. Bagi anak
SD, bahasa memiliki fungsi instrumental, fugsi regulasi, fungsi represampional
, fungsi intraksional, fungsi personal, fungsi majinatif. Untuk menstimulasi
perkembangan bahasa , kelas / kelompok belajar hendaknya terdiri atas
siswa-siswa yang berfariasi bahasanya, baik kemampuan maupun polanya.
Mengahadapi hal-hal ini guru harus mengembangkan strategi belajar mengajar
dengan mengfokuskan pada potensi dan kemampuan anak . pertama , anak perlu
malakukan pengulangan pelajaran yang telah dilakukan dan diberilkan dengan kata
dan bahasa yang disusun oleh murid-murid sendiri. Kedua, berdasarkan hasil
identifikasi itu guru melakukan pengaenbangan bahasa murid dengan menambahkan
perbendaharaan bahsa lingkungan yang telah dipilih secara tepat dan benar oleh
guru.
Daftar Pustaka
Budiman Nandang,
2006. Memahami perkembangan anak usia
Sekolah Dasar : jakarta .Erlangga
0 komentar: