PERSEPSI
- Persepsi adalah :
-
Pendapat atau Proses yang menyangkut masuknya
pesan atau informasi ke dalam otak manusia.
-
Contohnya ; -
- Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi individu :
Faktor Internal yang mempengaruhi persepsi, yaitu faktor-faktor yang terdapat
dalam diri individu, yang mencakup beberapa hal antara lain :
- Fisiologis. Informasi masuk melalui alat indera
- Perhatian seseorang terhadap obyek juga berbeda dan hal ini akan mempengaruhi persepsi terhadap suatu obyek.
- Minat..
- Kebutuhan yang searah.
- Pengalaman dan ingatan.
- Suasana hati. Keadaan emosi mempengaruhi perilaku seseorang, mood ini menunjukkan bagaimana perasaan seseorang pada waktu yang dapat mempengaruhi bagaimana seseorang dalam menerima,
Faktor Eksternal yang mempengaruhi persepsi, merupakan karakteristik dari
linkungan dan obyek-obyek yang terlibat didalamnya. Elemen-elemen tersebut
dapat mengubah sudut pandang seseorang terhadap dunia sekitarnya dan
mempengaruhi bagaimana seseoarang merasakannya atau menerimanya. Sementara itu
faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi adalah :
- Ukuran dan penempatan dari obyek atau stimulus. Faktor ini menyatakan bahwa semakin besrnya hubungan suatu obyek, maka semakin mudah untuk dipahami.
- Warna dari obyek-obyek. Obyek-obyek yang mempunyai cahaya lebih banyak, akan lebih mudah dipahami (to be perceived) dibandingkan dengan yang sedikit.
- Keunikan dan kekontrasan stimulus. Stimulus luar yang penampilannya dengan latarbelakang dan sekelilingnya yang sama sekali di luar sangkaan individu yang lain akan banyak menarik perhatian.
- Intensitas dan kekuatan dari stimulus. Stimulus dari luar akan memberi makna lebih bila lebih sering diperhatikan dibandingkan dengan yang hanya sekali dilihat. Kekuatan dari stimulus merupakan daya dari suatu obyek yang bisa mempengaruhi persepsi.
- Motion atau gerakan. Individu akan banyak memberikan perhatian terhadap obyek yang memberikan gerakan dalam jangkauan pandangan dibandingkan obyek yang diam.
- Teori Hierarki kebutuhan yang dikemukakan oleh Abraham
Maslow menyatakan bahwa setiap manusia memiliki lima kebutuhan dasar,
yaitu :
1. Kebutuhan Fisiologis, yang merupakan kebutuhan paling dasar pada manusia. Antara lain ; pemenuhan kebutuhan oksigen dan pertukaran gas, cairan (minuman), nutrisi (makanan), eliminasi, istirahat dan tidur, aktivitas, keseimbangan suhu tubuh, serta seksual.
2. Kebutuhan rasa aman dan perlindungan, dibagi menjadi perlindungan fisik dan perlindungan psikologis. Perlindungan fisik, meliputi perlindungan dari ancaman terhadap tubuh dan kehidupan seperti kecelakaan, penyakit, bahaya lingkungan, dll. Perlindungan psikologis, perlindungan dari ancaman peristiwa atau pengalaman baru atau asing yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan seseorang.
3. Kebutuhan rasa cinta, yaitu kebutuhan untuk memiliki dan dimiliki, memberi dan menerima kasih sayang, kehangatan, persahabatan, dan kekeluargaan.
4. Kebutuhan akan harga diri dan perasaan dihargai oleh orang lain serta pengakuan dari orang lain.
5. Kebutuhan aktualisasi diri, ini merupakan kebutuhan tertinggi dalam hierarki Maslow, yang berupa kebutuhan untuk berkontribusi pada orang lain atau lingkungan serta mencapai potensi diri sepenuhnya. - Keragaman individu :
-
Kognitif
(IQ, bakat-bakat khusus, prestasi belajar)
-
Psikomotor
(ketepatan, kecepatan, gerak tubuh, panca indra)
-
Afektif
(motivasi, moralitas, sikap terhadap diri sendiri)
-
Latar
belakang keluarga (nilai-nilai, keluarga, social, ekonomi, lingkungan
masyarakat)
-
Jenis
kelamin (jenis pekerjaan/kegiatan)
- Prinsip pengembangan bahasa pada individu manusia :
-
Bahasa
merupakan bagian dari kepribadian.
-
Termasuk
dalam pengaruh lingkungan yang berbeda antara keluarga, masyarakat dan sekolah
dalam perkembangan bahasa, akan ditunjukan oleh pemilihan dan penggunaan
kosakata sesuai dengan tingkat social keluarga.
- Esensi Bahasa
-
Alat
untuk berkomunikasi.
- Bentuk / jenis Bahasa :
-
Bahasa
Lisan : menunjukkan
hubungan rohani langsung , karena setiap orang
yang berbicara langsung berhadapan satu sama lain . Contoh : saat guru
mengajar didepan kelas.
-
Bahasa
Tulis : menunjukkan
hubungan rohani tidak langsung , karena mempergunakan sarana yaitu huruf* .
contoh : surat , sms .
-
Bahasa
Isyarat : dalam bentuk umum
isyarat digunakan jika hal tersebut dapat diterima dan dipahami oleh siapa saja
yang melihat dan mendengar isyarat itu . Contoh : Lampu lalu lintas.
- Fungsi bahasa :
-
Fungsi
instrumental : bertindak
untuk menggerakkan serta memanipulasi
lingkungan , menyebabkan peristiwa* itu terjadi. Contoh :
-
Fungsi
Regulasi / fungsi pengaturan
: merupakan pengawasan terhadap peristiwa* .
-
Fungsi
Representasionla :
penggunaan bahasa untuk membuat pernyataan , menyampaikan fakta dan pengetahuan
dlam pengertian menggambarkan realitas yang terlihat oleh seseorang . contoh :
matahari panas , bumi itu bulat .
-
Fungsi
Interaksional
: mengacu pada kontak komunikatif antara sesama manusia. Contoh :
berinteraksi , atau berbicara.
-
Fungsi
Personal
: membolehkan seorang pembicara menyatakan perasaan , emosi, kepribadian , dan
reaksi yang terkandung dalam hati nuraninya .
-
Fungsi
heuristic : melibatkan bahasa yang
dipergunakan untuk memperoleh pengetahuan dan mempelajari lingkungan ,
seringkali disam[aikan dalam bentuk pertanyaan yang menuntut jawaban.
-
Fungsi
Imajinatif : bertindak untuk mencipatakan gagasan*
imajiner. Contoh : dongeng , menulis
lelucon , menulis novel.
- Faktor* lingkungan yang mendukung dan menghambat :
-
Faktor*
yang mendukung :
- Umur anak : bertambahnya umur anaka akan menambah pengalaman dan pengetahuan , akan mendukung bahasa anak.
- Kondisi Lingkungan : lingkungan yang tepat dan baik akan memberikan perkembangan yang baik pada psikologos dan bahasa anak.
- Kecerdasan anak : anak yang mampu meniru dan memahami maksud suatu pernyataan pihak lain seperti meniru lingkungan tentang bunyi atau suara, gerakan , dan mengenai tanda* , memerlukan kemampuan motoric yang baik akan mempengaruhu kecerdasan seorang anak.
- Status social ekonomi keluarga : keluarga yang berstatus social ekonomi baik , akan mampu menyediakan situasi yang baik bagi perkembanagan bahasa anak anggota keluarganya.
- Kondisi fisik : yang dimaksutkan adalah kondisi kesehatan anak .
F. perbedaan
individual : perkembangan bahasa pada
anak usia sd , anak dengan IQ tinggi akan berkemampuan bahasa yang tinggi .
- Faktor* yang menghambat :
a.
Umur anak : anak yang masih dibawah umur belum mampu
menunjukkan cara berkomunikasi yang baik.
b. kondisi
lingkungan : anak
yang tinggal di lingkungan perkotaan akan berbeda dengan lingkungan pedesaan
karena di lingkungan pedesaan bahasa yang digunakan masih terbatas.
c. kecerdasan
anak : anak yang
belum memiliki kemampuan motoric yang baik belum dapat memahami / menangkap
maksut pernyataan pihak lain / kecerdasaannya sangat terbatas.
d. status social
ekonomi keluarga : anak yang berasal dari keluarga yang berstatus social rendah
belum memiliki perkembangan bahasa yang baik.
e. kondisi fisik
:
seseorang yang cacat akan terganggu kemampuannya untuk berkomunikasi , serperti
tuli , gagap.
f. perbedaan individual perkembangan
bahasa pada anak usia sd : anak dengan IQ rendah akan berkemampuan bahasa
rendah pula.
1.Kemandirian :
- kemandirian adalah suatu sikap
yang memungkinkan seseorang untuk bertindak bebas, melakukan sesuatu atas
dorongan sendiri dan untuk kebutuhannya sendiri tanpa bantuan dari orang lain,
maupun berpikir dan bertindak original/kreatif, dan penuh inisiatif, mampu
mempengaruhi lingkungan, mempunyai rasa percaya diri dan memperoleh kepuasan
dari usahanya.
2. Tahap kemandirian :
a. Bayi
b. anak
c. balita
d. praremaja
e. dewasa
3. Kemandirian merupakan
kebutuhan individu :
- karena kita harus bertanggung
jawab pada diri kita sendiri dan tidak boleh bergantung pada orang lain.
4. Mengapa anak kurang mandiri :
- karena pada anak usia sd belum mampu untuk tidak
tergantung secara emosional terhadap oranglain terutama orang tua.
5. Usaha guru untuk memandirikan
siswa :
-
1.adaptasi : menyesuaikan diri
dengan lingkungannya .
2. eksplorasi : menggali /
mencari informasi sendiri.
3. emansipasi : sma dengan orang
lain / mendapat nilai B kita pun juga harus bias.
4. aplikasi : penerapan.
5. analisis : mebguraikan.
6. sintesis : memadukan beberapa
hari.
7. Berkualifikasi : d4/s1 (
ijazah + transcript )
8. Kompetensi : kemampuan untuk
melaksanakan tugasnya / kemampuan dari aspek pengetahuan.
a. pedagogi
b. professional
c. kepribadian
d. sosial
0 komentar: